Penilaian Lomba Sekolah Sehat di SMPN 1 Dawan, Kabupaten Klungkung

Sama seperti suasana di SDN 1 Pikat, suasana keteganganpun terasa memuncak. Sedari pagi persiapan dilaksanakan menyempurnakan kekurangan demi lancarnya kegiatan pelaksanaan penilaian. Semua ingin tampil sempurna dan mengesankan tim penilai, dengan harapan mereka mampu mengukir prestasi di tingkat Propinsi membawa keharuman bagi Kabupaten Klungkung.

Kegiatan penilaian lomba memang berbarengan waktunya dilaksanakan oleh tim penilai propinsi Bali dengan Lomba UKS dan Kantin Sekolah Sehat di SDN 1 Pikat (22 Oktober 2012), sehingga setelah penilaian di SDN 1 Pikat, mereka langsung menuju ke SMPN 1 Dawan. Hal-hal yang dinilaipun hampir sama, hanya saja lebih mendetail di tingkat SMP. Satupun tak luput dari perhatian tim penilai. Mulai dari halaman sekolah, belakang sekolah, ruang kelas, tempat parkir, tempat pemilahan sampah organik, toilet, tempat sampah di masing-masing kelas , TOGA, simulasi penyuluhan, dan tidak lupa kader kesehatan remaja yang merupakan kunci dari kesuksesan SMPN 1 Dawan benar-benar diaduk nervousnya sampai tingkat tertinggi. Pengetahuan dan keterampilan mereka benar-benar diuji. Baik cara memeragakan penanganan kedaruratan (pasien patah tulang) pra dan pasca perawatan, pemeriksaan visus, pengetahuan seputar kesehatan, dan tak lupa dengan administrasi yang sudah dilaksanakan di UKS.

Sedangkan kegiatan penilaian lainnya yaitu penilaian kantin sekolah sehat. Kantin terletak di belakang sekolah, berdekatan dengan ruang UKS. Ada 4 kantin yang letaknya berdampingan semuanya sudah siap dengan penutup kepala dan celemek. Daganganya tertutup dengan bersih, bebas dari debu dan lalat. Di pojok ruangan terdapat beberapa poster ajakan /himbauan kepada semua warga sekolah untuk memanfaatkan kantin sekolah yang sehat, bebas dari 5 P.

Setelah puas berkeliling di areal sekolah yang sangat luas itu, tim penilai kembali berkumpul di tempat penerimaan untuk istirahat dan santap siang bersama. Pada saat itu suguhkan lagu-lagu bali, genjek tradisional bertema kesehatan dan joged bumbung yang dibawakan oleh siswa-siswa SMPN 1 Dawan. Setelah itu acara dilanjutkan meninjau lokasi Ruang UKS di kantor Kecamatan untuk mengecek fasilitas administrasi yang ada di kecamatan. Setelah puas membongkar administrasi yang ada, tim penilai mengakhiri kegiatannya di Kabupaten Klungkung dan kembali melanjutkan penilaiannya di daerah lain.

Acarapun selesai, semua kembali seperti semula, dengan berbekal satu pekerjaan lagi yaitu persiapan lomba PKTP bulan Nopember mendatang…. Tetap Semangat Ya Teman-Teman… We’ll try to the best !!! salam UKS…

Bina PHBS, Penyuluhan, PKPR, PROMKES, UK. PENGEMBANGAN, UKS / UKGS, UMUM , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>