Loka Karya Mini Lintas Sektor Terkait Bidang Kesehatan UPT. Puskesmas Dawan I Tahun 2012

Bahwa untuk mencapai tujuan Nasional Bangsa Indonesia seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, maka telah dilaksanakan pembangunan disegala bidang termasuk salah satunya adalah pembangunan bidang Kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang optimal. Hal ini sangat penting dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing sumber daya manuasia (SDM) Indonesia.

Berbagai upaya telah dilakukan  dalam pembangunan bidang kesehatan melalui berbagai program Puskesmas meliputi program wajib dan program pengembangan, dengan berbagai kegiatan  masing-masing berupa pembinaan, penyuluhan, pelayanan, kunjungan rumah kasus, intervensi, pengamatan dan pengawasan. Akan tetapi hasilnya masih belum sesuai dengan harapan. Untuk itu perlu diadakan penggalangan kerja sama lintas sektor terkait bidang kesehatan untuk memperoleh dukungan dalam upaya meningkatkan cakupan program kesehatan agar sesuai dengan harapan.

 Berdasarkan hal tersebut di atas, pada hari Senin, tanggal 19 Maret 2012, UPT Puskesmas Dawan I mengadakan kegiatan pertemuan lintas sektor yang dihadiri oleh Camat Dawan, Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, Dinas Instansi Nivo Kecamatan Dawan dan Perbekel, Kader Poskesdes, serta Bidan Desa sewilayah UPT Puskesmas Dawan I. Tak lupa pula para pemegang program Puskesmas yang terkait ikut hadir dalam kegiatan tersebut. Acara dimulai jam 09.10 menit di ruang rapat UPT Puskesmas Dawan I, di Desa Pikat.

Adapun Susunan Acara Loka Karya Mini Lintas Sektor Terkait Bidang Kesehatan di UPT Puskesmas Dawan I adalah : = klik disini =

Yang sangat menarik dari kegiatan ini adalah pada sesi diskusi, yaitu ternyata terungkap ada informasi mengenai birokrasi dan ketentuan JKBM dan Jampersal yang belum dimengerti oleh sebagian masyarakat. Demikian juga mengenai masalah bantuan operasional dan insentif kader poskesdes yang masih sangat kecil dibandingkan dengan tugas yang mereka ambil selama ini. Sehingga ada usulan yang menyeruak agar kader Poskesdes diangkat sebagai tenaga kontrak. Bagaimanapun mereka adalah ujung tombak yang menyambungkan kepentingan petugas kesehatan dengan masyarakat sekitar, sehingga informasi kesehatan dapat disampaikan secara cepat dan merata. Ini merupakan pe-er buat kita semua, sehingga mampu menjalankan tugas mulia kita sebagai abdi negara di bidang pelayanan kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini menekankan pentingnya kerja sama lintas sektor terkait dalam upaya menggerakkan peran serta masyarakat sesuai dengan peran dan bidang tugasnya masing-masing untuk ikut mendukung kegiatan-kegiatan / program pembangunan di bidang  kesehatan dalam upaya menurunkan angka kesakitan dan kematian di masyarakat yang diakibatkan oleh munculnya beraneka penyakit menular berbasis lingkungan seperti demam berdarah, flu burung, rabies, diare, pneumonia, tbc dan lain sebagainya, serta masalah-masalah kesehatan lainnya seperti masalah PHBS, masalah GIZI, masalah pencapaian cakupan imunisasi, masalah KIA/KB, dan sebagainya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan cakupan program-program puskesmas dapat tercapai sesuai  taget SPM / target yang telah ditentukan.

Untuk Tampilan Laporan Pelaksanaannya, klik disini !

LKM-LS, MANAJEMEN PUSKESMAS, P2, UMUM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>